Halaman

Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips Berpuasa Untuk Ibu Hamil


Jika bunda memutuskan untuk tetap berpuasa selama hamil, tidak ada batasan untuk sahur ataupun saat berbuka puasa.  Sebaiknya bunda makan makanan dengan nutrisi seimbang.  Sebenarnya tidak ada makanan ideal untuk berbuka puasa, tapi bunda bisa memulai dengan kurma atau pun jus buah untuk mengembalikan level kandungan gula dalam tubuh.  Bisa juga meminum susu rendah lemak, sup, dan juga makanan yang mengandung nutrisi seimbang berikut ini:

- banyak sayur- sayuran (salad)
- protein dari ayam, atau daging lain seperti ikan, kacang - kacangan, kacang hijau atau kacang merah. 
- karbohidrat dari beras merah, pasta, atau roti gandum

 Makanan yang perlu dihindari:
Makanan dengan lemak tinggi ataupun minyak berlebihan, karena akan mengganggu pencernaan. 

Apakah harus makan makanan berat saat sahur?
Sahur adalah saat yang paling penting selama Ramadhan , karena membantu energi bunda untuk bertahan selama seharian.  Jangan melewati sahur, karena akan memenuhi kebutuhan nutrisi, dan mengurangi sakit kepala, atau ngantuk. 

Makanan yang dimakan saat sahur seharusnya makanan yang mengenyangkan, berserat tinggi.  Makanan untuk sahur seharusnya mengandung :

- roti gandum dengan selai atau keju
- sereal dengan susu rendah lemak
- bubur
- buah - buahan

Apakah baik jika berbuka puasa dengan teh atau kopi?
Kopi dan teh akan justru mengurangi kandungan air, dan akan membuat anda dehidrasi.  Minum kopi dan teh juga akan mengurangi kandungan besi dalam tubuh anda. Sebaiknya bunda meminum kopi atau teh kurang dari 200 mg, yaitu sekitar 2 gelas kopi sehari.  Ingat bahwa coklat dan teh hijau juga mengandung kafein.  
Maka itu sebaiknya bunda minum air putih atau jus buah.  Juga bisa tambahkan air putih dengan perasan lemon.  Smoothies buah, dengan susu, yoghurt dan es juga bisa membuat segar.  

Tips lain saat berpuasa:

-Selama Ramadhan aktivitas bunda akan menurun.  Untuk berpuasa yang sehat, pastikan bunda membatasi asupan gula, makanan manis, kue manis, sekali seminggu saja cukup.  Buah segar adalah alternatif yang sangat bagus. 
-Setelah makan malam, istirahatlan sejenak dan bangun lalu bergeraklah.
-Hindari snack atau makanan ringan sebelum tidur, pastikan anda sahur
-Minum banyak air selama sahur dan buka puasa untuk emnghindari dehidrasi


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...